Navbar sama External CSS

Sabtu, 12 Maret 2011

[SOFTWARE] Review TuneUp Utilities 2010

Diposting oleh W Ï-êë M ß-åä di 06.16
Bengkel Lengkap agar PC Mengilat
Anda yang sering dipusingkan dengan masalah sistem Windows pasti menyukai aplikasi tune up yang satu ini.
Jika tergolong pemakai awam Windows, mungkin Anda pernah sekali dua kali kesal dengan PC yang kadang hang atau bekerja lamban (meskipun spesifikasi PC sudah cukup tinggi).
Nah, hal seperti inilah yang dituju oleh software TuneUp Utilities 2010. Kini, bahkan telah tersedia seri 2011 (versi 10) yang telah disempurnakan. Namun, pada intinya, inilah aplikasi yang ditujukan untuk memperbaiki permasalahan di sistem Windows Anda.
Pada dasarnya, TuneUp Utilities menawarkan perbaikan problem internal dan melakukan peningkatan kinerja pada Windows XP, Vista, dan 7.
Penggunaan sehari-hari sistem Windows biasanya akan menghasilkan tumpukan file di folder temp, catatan registry yang semakin panjang, rusak atau terhapusnya file, ancaman virus dan hacker, serta hal-hal berisiko lainnya. Yang paling sering terjadi adalah semakin lambannya kemampuan PC sehingga aktivitas komputasi kita terhambat.
Nah, rangkuman problem yang telah disebutkan ini merupakan fokus dari tugas TuneUp Utilities yang mampu mengidentifikasi setiap masalah di sistem, untuk kemudian melaporkannya. Tampilan antarmuka program ini mudah dipahami pengguna karena disajikan dengan singkat namun tepat (berikut dengan tindakan yang harus dilakukan). Kita tidak perlu bingung dengan proses manual yang kompleks karena TuneUp telah menyediakan semuanya lewat beragam fungsi yang tersedia.
Ada empat bagian utama fungsi di TuneUp, yakni penanganan sistem, peningkatan kinerja, solusi masalah, dan pengaturan desain Windows. Yang terakhir ini merupakan tambahan yang unik di mana Anda dibolehkan mengubah tampilan layar pembuka (boot screen), mengubah tampilan desktop, hingga memodifikasi efek dan animasinya. Tujuannya adalah agar Windows Anda tampil berbeda dan tak membosankan.
Software ini juga dilengkapi dengan modul penanganan sistem agar bekerja lebih gegas. Caranya dengan membersihkan Windows dari aneka file dan registry yang tidak perlu. Yang sangat menarik untuk dicoba adalah aktivasi Turbo Mode yang mempercepat kinerja PC agar lebih melesat.
Beberapa fungsi di TuneUp mengingatkan kita pada aplikasi Norton Utilities yang terkenal dengan kemampuan tweak serup (seperti mengembalikan file terhapus, memeriksa error di hard disk, dan melakukan defragmentasi registry serta hard disk).
Namun, di antara fasilitas yang berhubungan dengan kinerja tersebut, bisa dibilang pengaturan desain Windows (Customize Windows) adalah hal paling menarik. Pasalnya, ini akan memungkinkan kita mengubah tampilan sistem besutan Microsoft ini secara lebih kreatif.
Satu hal lagi, janganlah takut jika tiba-tiba tweak yang Anda lakukan malah membuat Windows menjadi bermasalah lebih parah. Kalaupun Anda ingin kembali ke kondisi sebelum diutak-atik, TuneUp telah menyediakan tombol singkat untuk mengembalikannya ke posisi sebelumnya (undo changes).  (Deny Prasetyo)
***
Berbagai feature dan kemudahan yang dimiliki membuat TuneUp Utilities layak menjadi salah satu perkakas wajib pengguna Windows. Semua feature-nya akan menjaga system pengguna “selalu sehat”. Ini ditambah dengan, harganya yang sangat terjangkau.

Spesifikasi TuneUp Utilities 2010
Lisensi
Rp 115.000 (3 user + 1 user Avira Antivir Premium)
Rp 235.000 (3 user + 1 user Avira Premium Security)
Pengembang
TuneUp Software GmbH
Situs Web
Sistem Operasi
Windows XP, Vista, 7




Informasi Sistem

Seperti halnya Device Manager, program juga dapat menampilkan catatan hardware PC. Namun, laporan ini belum terlalu detail layaknya tool khusus untuk setiap bagian yang lebih kompleks.





Saran Perbaikan

Saat pertama kali dijalankan, TuneUp akan langsung memeriksa kondisi PC sekaligus menganalisis masalah. Lalu, software ini akan menyediakan solusi untuk membereskan problem tersebut.







Tweak Tampilan
Anda pasti menyenangi adanya fasilitas utak-atik tampilan Windows (mulai dari tampilan boot hingga antarmuka lainnya). Dengan fasilitas ini, Windows Anda akan bisa tampil “nyleneh”.





Plus
     : Antarmuka mudah; fungsi perbaikan cukup lengkap; ada peningkatan kinerja; tweaking desain Windows.
Minus : Pemeriksaan storage kurang intuitif; pengaturan tweaking belum menyeluruh.
Skor Penilaian
- Kinerja                : 4,25
- Fasilitas              : 4
- Penggunaan       : 4,5
- Harga                  : 4,5
- Skor Total           : 4,28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami di Facebook

Template Contributors: